Menempatkan gaya hidup bersih serta sehat (PHBS) lebih dari sebatas melatih anak untuk membersihkan tangan. Mengajari anak utamanya mengontrol kebersihan diri pada anak semenjak awal bisa membuat rutinitas baik yang akan menempel sampai seumur hidup mereka.

Berikut sejumlah rutinitas mengontrol kebersihan diri yang bisa Anda sampaikan pada anak semenjak kecil.

1. Teratur membersihkan rambut

Rata-rata anak kecil butuh diajari untuk membersihkan rambut mereka dua sampai 3 kali dalam 1 minggu. Keramas sangat sering sebetulnya tidak direkomendasi lantaran bisa membuat kulit kepala kering serta lebih riskan ketombean.

Waktu mulai bergeser remaja, hormon pubertas akan bertambah serta membuat rambut lebih berminyak. Semasa ini, sampaikan pada anak untuk membersihkan rambut mereka dengan shampoo sekerap barangkali, jika memang perlu rekomendasikan mereka untuk mencucinya tiap hari.

2. Rajin mandi

Beberapa anak kecil tidak sukai mandi, sesaat beberapa lain akan merasa mandi adalah kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa jadikan mandi jadi pekerjaan yang menyenangkan dengan membebaskan mereka berendam pada air busa. Sediakan air hangat untuk mencuci mereka sesudah usai berendam.

3. Menjaga kesehatan kulit

Beberapa anak umur pra-sekolah masih perlu perlindungan orang-tua untuk menjaga kulit mereka. Kelainan kulit yang seringkali berlangsung pada umur ini ialah ruam kemerahan, memar, serta sisa gigitan serangga. Anda bisa mengarahkan anak Anda untuk melatih diri mengecek semua badan mereka sebelum memakai pakaian. Ajari mereka untuk cari apa ada cedera atau kemerahan pada kulit yang perlu perawatan.

Waktu bergeser remaja, pergantian hormon akan membuat kulit muka anak Anda lebih berminyak. Produksi minyak yang bertambah ini bisa berikan soal di wajah seperti jerawat. Banyak anak remehkan jerawat di muka dengan cuma membersihkan muka dengan air serta sebarang sabun. Ajari anak anda untuk membersihkan muka mereka dua sampai tiga hari dalam satu hari serta ajari mereka tidak untuk memencet jerawat.

Kalau anak Anda wanita, berikan tahu mereka jika share riasan muka dengan kawan bisa menebarkan infeksi kulit. Tidak hanya itu, tidur dengan riasan muka pun tidak baik buat kesehatan kulit muka.

4. Mengontrol kebersihan mulut serta gigi

Gigi serta gusi yang bersih bisa menghindar beragam soal kesehatan rongga mulut, seperti berbau napas serta gigi berlubang. Ajari anak untuk menggosok gigi sekurang-kurangnya kedua kalinya satu hari kalau tidak sesudah makan. Anak yang tambah besar bisa diajari untuk bawa sikat gigi di tas mereka sampai mereka bisa menggosok gigi sesudah makan di sekolah. Ajari juga anak semenjak kecil, jika diperlukan minimal dua menit untuk bersihkan gigi lewat cara benar dan baik.

5. Bersihkan ketiak

Beberapa remaja barangkali malas untuk bersihkan ketiak mereka secara benar serta tidak memanfaatkan deodoran. Keringat bisa menimbulkan berbau tubuh pada anak remaja, serta seringnya diawali semenjak umur 9 atau 10 tahun. Ajari anak Anda perihal utamanya bersihkan wilayah ketiak mereka, terlebih sesudah mengerjakan olahraga. Terkait berapa banyak keringat anak Anda, Anda bisa mengajurkan deodoran antiperspirant buat mereka. Deodoran biasa mengatur bakteri serta berikan aroma yang harum, sesaat deodoran antiperspirant mempunyai kegunaan penambahan ialah bisa kurangi produksi keringat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here