tips-dan-trik-merawat-sepatu-berbahan-kulit-agar-awet

Custom sepatu barangkali dapat menjadi pilihan Anda ketika bosan dengan sepatu yang modelnya begitu-begitu saja. Selain dapat bebas memilih desain gambar, Anda juga bisa menentukan bahan dari sepatu yang diinginkan. Kulit menjadi salah satu pilihan bahan sepatu favorit karena selain awet, juga fleksibel.

Bahannya dapat mengikuti bentuk kaki Anda dan tetap membuatnya ‘bernapas’ saat memakai sepatu. Harga yang lebih mahal pun tidak jadi soal demi kenyamanan pada kaki.

Tips Merawat Sepatu Kulit

Walaupun sepatu berbahan kulit relatif lebih awet, tetap harus dirawat agar pemakaiannya berumur panjang. Merawat sepatu berbahan kulit perlu perlakuan khusus, berbeda dengan bahan lainnya. Meskipun demikian, merawat sepatu tidaklah sulit asal tahu caranya. Selain merawat bahannya, Anda sebaiknya juga menjaga bentuk custom sepatu agar tetap utuh.

Berikut ini adalah cara untuk merawat sepatu kulit Anda.

  1. Merawat Sepatu

Mengetahui cara menyimpan dan merawat sepatu akan membantu Anda dalam menghindari kerusakan pada salah satu jenis alas kaki tersebut. Tidak memakai sepatu kulit yang sama selama berhari-hari merupakan hal pertama yang perlu Anda lakukan. Anda dapat menggunakan sepatu lain secara bergantian untuk memberi waktu sepatu kulit beristirahat dan menghilangkan kelembaban.

Selain itu, hindari tempat berair ataupun lembab. Jika sepatu basah, segeralah mengeringkannya dengan cara memasukkan gumpalan kertas koran ke dalamnya. Selanjutnya Anda dapat mengangin-anginkannya. Namun mengeringkan sepatu di tempat panas justru membuat bahan sepatu cepat kering dan retak.

Anda bisa menggunakan pengganjal khusus sepatu agar bentuknya tetap terjaga ketika tidak sedang dipakai. Kayu aras (cedar wood) dipercaya sebagai bahan pengganjal terbaik karena dapat menangkal serangan ngengat serta menyerap kelembaban dan bau. Terakhir, menggunakan tanduk atau sendok sepatu untuk menjaga bentuk bagian belakang sepatu ketika dikenakan.

  1. Membersihkan Sepatu

Membersihkan dan menyemir sepatu bukanlah hal yang sulit. Sebelumnya Anda perlu memahami jenis bahan kulit sepatu untuk kemudian memilih produk yang cocok.

Langkah pertama dalam menyemir adalah membersihkan debu dan lumpur kering yang menempel pada sepatu. Alat menyemir menyesuaikan dengan jenis bahan kulit sepatu Anda. Suede atau bahan kulit berbulu harus memakai sikat lembut khusus bahan suede. Sedangkan sepatu dengan bahan kulit halus cukup menggunakan lap berbahan lembut.

Kedua, gunakan kondisioner khusus bahan kulit guna menjaga kelenturannya. Caranya, usapkan dengan lap bersih secara melingkar. Kemudian, diamkan selama 20 menit agar produk terserap sempurna.

Ketiga, gosokkan semir sepatu padat secara melingkar menggunakan lap khusus sepatu kulit. Anda dapat membungkus jari tengah dan telunjuk untuk membuat gerakan tersebut. Penyerapan semir ini membutuhkan waktu 15 menit. Terakhir, gosoklah sepatu sekali lagi agar sepatu tampak mengkilap. Gosoklah dengan ringan agar sisa semir terangkat.

Itulah tips merawat custom sepatu kulit Anda agar awet digunakan. Meskipun bahan kulit sudah awet, perawatan tetap diperlukan agar pemakaiannya berumur panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here